Minggu, September 29, 2013
0


         Hewan bersayap dua, terbang dikegelapan. Apa itu?, Yachh Kelelawar. Kelelawar adalah mamalia yang dapat terbang yang berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap. 

        Seringkali kita melihat kelelawar terbang pada malam hari. Mereka terbang dalam kegelapan dengan cepatnya tanpa menabrak segala sesuatu yang ada dihadapannya. Bagamana sih cara kelelawar sehingga mampu terbang dalam gelap? Karena beraktifitas mencari mangsa di malam hari kelelawar sulit untuk menggunakan indra pengelihatanya dan kelelawar menggunakan gelombang ultarsonik untuk dijadikan radar. 

     Mekanisme radar kelelawar buah untuk memantau lingkungan lebih canggih dari yang diperkirakan sebelumnya oleh para ilmuan. Agar mampu bergerak dan terbang dengan cepat dalam kegelapan mereka menggunakan Echoloration. Echoloration merupakan transmisi gelombang suara untuk mencari benda, makanan dan untuk mendeteksi rintangan. 

       Suara yang berfrekuensi tinggi ini berasal dari mulut kelelawar di luar jangkauan pendengaran manusia. Beberapa spesies kelelawar juga menghasilkan suara ini dari hidung apabila tengah makan saat terbang. Ketika kelelawar makin dekat pada mangsa, dia akan mengeluarkan 160 ‘panggilan’ per detik. Ada spesies kelelawar terancam kepunahan. yachh semoga pemerintah melakukan konservasi terhadap jenis-jenis kelelawar sangat penting, dan harus dilakukan secara bersungguh-sungguh, mengingat peran kelelawar sangat bernilai bagi proses-proses ekologis yang bermanfaat bagi manusia.

0 comments:

Posting Komentar